DARI NAGARI UNTUK NEGERI


DARI NAGARI UNTUK NEGERI
SMB (Sijunjung Muda Berkarya) merupakan suatu komunitas non profit yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan. Komunitas ini tergolong baru karena didirikan pada pada Kamis, 25 Januari 2018 awal tahun ini. Handriawan (20 Thn) seorang anak muda yang sekarang tengah melanjutkan pendidikan semester enamnya di Institut Pertanian Bogor setelah lulus dari SMAN 12 Sijunjung 2015 lalu, merupakan inisiator dari terbentuknya komunitas Sijunjung Muda Berkarya yang kemudian didukung oleh 11 orang temanya yang memililki tujuan yang sama yakni bagaimana caranya agar kita bisa memberikan kontribusi nyata untuk kampung halaman kita sendiri, SIJUNJUNG.
Dengan VISI “Mewujudkan generasi muda berakhlak mulia yang produktif, inovatif, kolaboratif, dan berdaya saing globalSMB telah melakukan berbagai kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan anak-anak muda yang berada di Kabupaten Sijunjung. Setelah diadakanya Open Recruitmen anggota SMB, maka terpilihlah 30 orang anak muda yang siap memberikan kontribusi nyata untuk Ranah Lansek Manih dengan Jargon kebanggaan “Berbagi Inspirasi dan Motivasi Semangat Membangun Nagari” inilah yang menjadi api semangat kami anak-anak muda yang memiliki keinginan yang sangat tinggi agar Kabupaten Sijunjung bisa menjadi lebih baik lagi terutama untuk generasi-generasi mudanya yang lebih kreatif, produktif, dan inovatif.
Salah satu tujuan utama dari Komunitas ini sendiri yaitu bagaimana bisa mengumpulkan anak-anak muda luar biasa dan berkompeten asal sijunjung diluar sana agar kembali berkumpul bersama untuk memikirkan masa depan daerahnya, karena kami sadar bahwa salah satu indikator kemajuan suatu daerah adalah bagaimana peranan, keaktifan serta kualitas para putra putri daerahnya sendiri. Oleh karena itu SMB hadir sebagai wadah bagi Putra Putri daerah Sijunjung untuk mulai memberikan kontribusi nyata untuk Sijunjung Madani, memberikan dampak positif walaupun hanya sedikit, karena kami yakin bahwa yang sedikit itu insyaallah nantinya yang akan menjadi baju loncatan bagi kita bersama untuk mencapai puncak tertinggi dari suatu harapan yang kita inginkan.
Awal tahun ini SMB telah melaksanakan empat macam kegiatan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan tersebut. Kegiatan pertama tepatnya Minggu, 21 Januari 2018 yang dilaksanakan di SMAN 1 Sijunjung, dengan semangat kolaborasi SMB mengadakan INSPIRING TALK atau seminar kepemudaan dengan tema “ Kepemimpinan Menuju Generasi Milenial Produktif”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi pertama yang dilakukan oleh SMB bersama dengan Komunitas Beasiswa Rumah Gadang, kemudian mengundang anak-anak muda luar biasa asal Kabupaten Sijunjung sendiri sebagai pembicaranya seperti Iqbal Musa (Pendiri Rumah Nusantara74), Robi Afrizan S (Penulis dan Trainer), Jaka Fernando (Pendiri Beasiswa Rumah Gadang), Erik Hariyanto (Ketua Ikatan Uda Uni Sijunjung) dan Handriawan ( Pendiri Sijunjung Muda Berkarya) dengan harapan bisa menginspirasi dan memotivasi sekitar 300 siswa siswi yang hadir pada saat itu dan meyakinkan mereka bahwa anak-anak muda asal sijunjung pun bisa memilki karya-karya yang hebat dan ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Sijunjung mempunyai harapan untuk menjadi lebih baik lagi diesok hari.





Kegiatan kedua yang dilakukan SMB adalah Training Motivasi kepada siswa siswi di Pondok Pesantren Darul Falah Kec. Lubuk Tarok Kab. Sijunjung. Training Motivasi dengan mengambil tema “ Meraih Mimpi Anak Nagari” diadakan pada Sabtu, 27 Februari 2018. Dihadiri kurang lebih 200 siswa dan siswi Ponpes Darul Falah, Handriawan sebagai pendiri komunitas Sijunjung Muda Berkarya dan sekaligus menjadi pembicara pada kegiatan training motivasi ini memaparkan bahwa betapa pentingnya kita harus memiIiki impian dan cita-cita yang tinggi dalam hidup ini, karena apapun latar belakang kita, asal kita, dan keterbatasan kita, kita masih berhak untuk memiliki impian yang natinya akan menjadi sumber semangat kita dalam menjalani hari demi hari dalam rangka mewujudkan impian kita masing-masing.
Selain itu SMB juga telah melakukan kegiatan social berupa penggalangan dana untuk saudara kita yang membutuhkan. Bulan lalu SMB menggalang dana untuk seorang siswa SMK yang menderita kanker tulang dikakinya, penggalangan dana juga berkolaborasi dengan himpunan Masrakat Peduli Sijunjung dan berhasil mengumpulkan dana kurang lebih 5 juta yang kemudian disalurkan ke pihak keluarga.
Kegiatan keempat yang diadakan komunitas SMB adalah seminar Online CARITO ANAK NAGARI dengan tema “ Yang Muda Yang Berkarya”, seminar ini dilakukan dengan memanfaatkan social media melalui grup whats up yang kemudian dilakukan diskusi terkait tentang bagaiman tata cara agar kita bisa menjadi pemuda-pemudi yang bisa memiliki karya disaat muda. Pemateri pada seminar online kali ini adalah Robi Afrizan S, yang merupakan putra daerah asli sijunjung yang telah memiliki karya nyata, sekarang sedang berkiprah di dunia kepenulisan yang mana 12 buku karangannya sudah diterbitkan dan tersebar diseluruh gramedia di Indonesia. Sekitar 190 anak muda tergabung dalam grup online, peserta tidak hanya dari Kab. Sijunjung atau Sumatera Barat saja, Bahkan ada yang berasal dari Pulau Jawa.
          Kegiatan-kegiatan semacam ini diharapkan dan menjadi wadah bagi masyarakat sijunjung terutama putra-putri daerahnya untuk bisa terus mengembangkan dirinya sejak muda, bisa menjadi sarana untuk berbagi inpirasi dan motivasi dan kepedulian terhadap sesama hingga apa yang kita impikan bersama bisa terwujud. SIJUNJUNG MAJU, SIJUNJUNG JAYA bersama SIJUNJUNG MUDA BERKARYA.

https://www.kantorberitathetarget.com/berita-sijunjung-muda-berkarya-wadah-anak-muda-sijunjung-mengabdi-di-kampung-halaman.html#.WqC7s78rdL8.facebook

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunitas Pemuda Daerah, SIJUNJUNG MUDA BERKARYA